Ribuan Buruh Demo Tolak SKB Empat Menteri

24 Nopember 2008 | 16:10 WIB

Jakarta ( Berita ) : Sekitar 1.000 buruh yang tergabung dalam Koalisi Buruh se-Jawa mendatangi Kawasan Berikat Nusantara (KBN) di Jakarta Utara, Senin [24/11] , untuk menolak pemberlakuan SKB Empat Menteri tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi.

Menurut seorang warga, Akso, di Jakarta, Senin [24/11] , para buruh tersebut mulai berkumpul di pintu gerbang KBN sejak sekitar pukul 06.00 WIB. Mereka membawa sejumlah spanduk yang mengecam pemberlakuan SKB 4 Menteri tersebut karena para pendemo beranggapan hal tersebut tidak berpihak dan bahkan akan merugikan kaum buruh.

Hal itu karena penetapan UMP, berdasarkan SKB tersebut, ditetapkan melalui proses yang tidak melibatkan seluruh elemen dari kalangan buruh.

Para pengunjuk rasa juga menginginkan agar aspirasi mereka didengar oleh pihak direksi manajemen KBN sehingga para buruh tersebut juga telah memilih sejumlah orang untuk menjadi mewakili mereka dalam berbicara dengan pihak direksi.

Aksi demo tersebut juga dijaga ketat oleh pihak kepolisian baik petugas dari Polsek Cilincing maupun Polres Metro Jakarta Utara. KBN itu sendiri merupakan salah satu kawasan perindustrian utama di wilayah ibukota selain Kawasan Industri Pulogadung (KIP) yang terletak di Pulogadung, Jakarta Timur.

Sebelumnya, para buruh juga telah sejumlah kali menggelar aksi menolak SKB 4 Menteri tersebut antara lain di depan Gedung DPR dan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Gatot Subroto, serta di depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. […] ( ant )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: