Posko THR Temukan Pengusaha Curang

Posko THR Temukan Pengusaha Curang
Tanggal : 25 Sep 2008
Sumber : Koran Tempo

TEGAL – Posko pengaduan tunjangan hari raya (THR) yang didirikan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Tegal menemukan adanya kecurangan pengusaha dalam membagikan THR kepada buruhnya. “Setidaknya ada lima pengadu yang telah melaporkan kecurangan di perusahaannya,” kata Muhammad Yamin, Koordinator LBH Kota Tegal, kepada Tempo kemarin.

Menurut Yamin, sejak posko pengaduan THR dibuka pada 12 September lalu, pihaknya telah menerima pengaduan dari beberapa buruh. Mereka rata-rata kurang puas atas pembagian THR di perusahaannya karena tidak sesuai dengan masa kerja.

Menurut Yamin, dengan pengaduan itu, LBH akan melakukan somasi kepada perusahaan terkait. Selain itu, dia juga akan melapor ke Dinas Tenaga Kerja, pemerintah, dan Dewan Kota Tegal terkait dengan kecurangan itu. “Rencananya besok (hari ini) kami akan melaporkan,” tutur Yamin.

Yamin menambahkan, lima nama perusahaan yang ada di tangannya itu, dalam membayar THR kepada buruh, tidak sesuai dengan undang-undang tentang perburuhan dan tanpa mekanisme musyawarah yang melibatkan para buruh. Kelima perusahaan itu terdiri atas satu Perusahaan Otto Bus, dua perusahaan perdagangan, dan dua perusahaan yang identitasnya masih dirahasiakan LBH.

Kepala Seksi Hubungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Kota Tegal, Mujiharti, mengakui adanya beberapa perusahaan Otto Bus yang belum melaporkan pemberian THR kepada karyawannya.

Dengan kejadian itu, LBH akan melakukan tindakan pengawasan dan langkah tegas kepada para pemilik perusahaan agar mereka lebih memperhatikan karyawannya. “Yang belum melaporkan pembayaran THR ada tiga perusahaan bus dari empat perusahaan,” kata Mujiharti

Di tempat terpisah, Ketua Komisi B Dewan Kota Tegal, Supardi, mengatakan bila pengusaha berlaku curang, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja untuk menindaklanjuti persoalan tersebut. “Ini untuk menjaga iklim kondusif di Kota Tegal,” kata Supardi. EDI FAISOL www.yaminsh.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: