LBH Tegal Desak SKTM Tetap Dipikai Tegal

Tegal, Nirmala Post 9 Februari 2008. Lambaga Bantuan Hukum (LBH) Tegal mendesak agar Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh kelurahan bisa dipakai lagi. Pasalnya sampai hari ini belum ada kejelasan penggantian kartu ASKESKIN paska pemutusan kerjasama PT ASKES dengan Pemerintah. Hal ini untuk menjamin warga miskin mendapat pelayanan secara gratis.

Pendiri juga Dewan Pembina LBH Tegal kepada NP dikantor Jalan Samadikun no 16 Kota Tegal mengatakan carut marutnya birokrasi tentang askeskin membeat banyak warga miskin yang ke cele karena tidak terdaftar dalam SK Walikota no 440, yang memuat nama penerima askeskin. Akibatnya mereka urung mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal karena keterlambatan biaya. “ Kalau kerja sama dengan pihak askeskin sudah dicabut ,ya tentunya warga untuk mendapat pengobatan gratis cukup dengan menggunakan SKTM yang dikeluarkan oleh Kelurahan, karena yang tahu warga itu miskin atau tidak itu kelurahan setempat bukan pihak lain.” Tegas Yamin.

Dikatakan Pemkot harus mendata ulang warga miskin dan tidak membedakan antara PNS dan non PNS atau warga biasa. Selain itu meminta agar pembelian obat juga digratiskan, “ Selama LBH Tegal berdiri kami sudah mendapatkan 20 laporan, kebanyakan warga yang tidak mendapat pelayanan askeskin dan persoalan lain .” ujar M. Yamin. www.yaminsh.com

Satu Tanggapan to “LBH Tegal Desak SKTM Tetap Dipikai Tegal”

  1. SKTM sudah tidak berlaku secara nasional…. kecuali pemda menganggarkan anggaran jaminan kesehatan mas. Trus PNS, ABRI, dan Pensiuanan gak bisa dimasukkan sebagai warga miskin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: