LBH RAKYAT BREBES Pertanyakan Kasus TKW

Nirmala Post, Selasa, 09 September 2008 Brebes (NP) Dua Kasus tenaga Kerja Wanita (TKW) yang dilaporkan LBH Rakyat Brebes ke Mapolres Brebes belum terselesaika. Padahal dua kasus itu telah ditangani Polres Brebes selama empat bula. Sehingga, LBH Rakyat Brebes mengadukan hal itu ke komisi A DPRD Brebes.
Kasus yang menimpa Sutirah (38) warga Desa Krasak, Kecamatan/Kabupaten Brebes, dan Nur Aisah (30) warga desa Slatri, Kecamatan/Kabupaten Brebes, dilaporkan ke Polres Brebes pada 22 Mei 2008. Sejumlah barang bukti dan saksi mata sudah dipanggil untuk dimintai keterangan. Namun kasus penipuan yang dialami Sutirah belum jelas ujungnya. Sedangkan kasus pemerkosaan yang dialami Nur Aisah oleh calo yang memberangkatkannya, terhalang tempat kejadian perkara (TKP) di Jakarta.
Ketua LBH Rakyat Brebes, Haris SH kepada NP, senin (8/9) usai menemui Komisi A DPRD Brebes mengatakan proses penyelidikan dinilai bertele-tele. Kasus pemerkosaan Nur Aisah yang jelas-jelas dilakukan oleh calo yang memberangkatkan, yakni Suwarno belum ditangkap.
“Informasi terakhir, Polres akan memanggil Suwarno. Tapi hingga sekarang belum ada kejelasan,” katanya.
Surtirah yang ikut dalam pertemuan itu menuturkan, dua saksi telah dimintai keterangan, bahkan bukti-bukti sudah lengkap. PT. Nur Aeni Indah Perkasa, Suradadi, Kabupaten Tegal yang diduga menipunya belum juga dijebloskan ke penjara. PT. Itu telah memberangkatkan dia ke Malaysia dengan paspor turis, bukan paspor kerja. Sehingga saat paspor itu habis masa berlakunya, dia selaku tertimpa masalah.
Sementara itu, Pendiri LBH Rakyat Brebes , M. Yamin menilai , pengawasan terhadap TKI Asal Kabupaten Brebes masih lemah. Beberapa kali kasus yang muncul tidak ada penyelesaianya. Dia jua mengkritisi pemerintahan setempat untuk memperjuangkanpahlawan devisa itu. (ww)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: