Pemilu 2009 Diikuti 174 Juta Pemilih

Jakarta – 15 September  2008 (Sinar Harapan). Pemilu 2009 diperkirakan akan diikuti 174.410.453 jiwa yang terdiri dari data pemilih sementara dalam negeri sebanyak 172.800.717 jiwa dan luar negeri sebanyak 1.609.737 jiwa. Perkiraan tersebut berdasarkan data kependudukan dari Departemen Dalam Negeri dan Departemen Luar Negeri yang dimutakhirkan oleh KPU Kabupaten/Kota yang disupervisi oleh KPU Provinsi.

Namun, berdasarkan pemutakhiran data pemilih pada DPS oleh KPU tanggal 8-10 September maka jumlah pemilih dalam negeri hanya mencapai 170.752.862 jiwa. Artinya, ada penurunan sebesar 2.047.854 jiwa. Hal itu ditegaskan Ketua KPU Abdul Hafidz Anshary dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR di Jakarta, Senin (15/9). Hafidz juga menjelaskan jumlah daerah pemilihan untuk pemilu DPR pada Pemilu 2009 sejumlah 77, DPRD Provinsi sebanyak 217 dan DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 1.847. “Jadi, total daerah pemilihan mencapai 1.847,” jelas Hafidz. Hingga saat ini jumlah partai politik (parpol) peserta Pemilu 2009 tetap 38 untuk pemilu nasional ditambah enam partai lokal untuk Nanggroe Aceh Darussalam.

Anggota Komisi II DPR Andi Yuliani Paris (Fraksi Partai Amanat Nasional) mempertanyakan apakah KPU sudah menjalankan daftar pemilih tetap (DPT) berbasis TPS (tempat pemungutan suara). Saat ini, katanya, masih ada sekitar 20 persen warga yang memiliki hak pilih belum terdaftar sebagai pemilih. Andi juga mempertanyakan istilah yang tepat atas kata contreng yang di Indonesia bagian timur tidak dikenal. Format contreng, kata Andi, juga akan menyulitkan bagi tunanetra sekalipun dalam undang-undang juga
diatur untuk mendapat jaminan.

Selain itu, dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi II REE Mangindaan tersebut, Hafidz Anshary juga menjelaskan dari daftar calon sementara anggota DPR jumlahnya mencapai 14.020 orang. Rinciannya 8.917 (63,6 persen) laki-laki dan 5.103 (36,4 persen) perempuan. (inno jemabut)

Satu Tanggapan to “Pemilu 2009 Diikuti 174 Juta Pemilih”

  1. Motto : HIDUP ADALAH KEPEDULIAN " OJO DUMEH " Says:

    Saya Muhammad Said, CALEG DPR RI – DARI PARTAI MATAHARI BANGSA NO. Urut 4 Dapil GRESIK LAMONGAN. Motto : HIDUP ADALAH KEPEDULIAN ” OJO DUMEH ” -Mari kita sama-sama introspeksi dan tetap semangat membangun negeri ini dari keterpurukan ekonomi, sosial, budaya dan mental.
    Percayalah pasti ada orang yang masih mempunyai nurani untuk memperjuangkan kebaikan dan kebenaran. Rakyat butuh pada pemimpin yang peduli jeritan hati rakyat : Insya Alloh ada jalan kalau memang Alloh SWT memberi jalan kemenangan pada kebenaran walau harus menghadapi sejuta manusia tuli mata dan tuli telinga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: