LBH Tegal Buka Posko Pengaduan

LBH TEGAL

BUKA POSKO PENGADUAN THR

BAGI BURUH & PEKERJA DI TEGAL

Menyambut Datangnya Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1& 2 Oktober mendatang, LBH Tegal memberikan perhatian khusus terhadap kasus Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para buruh dan pekerja di wilayah Tegal, dengan membuka POSKO PENGADUAN THR BAGI BURUH& PEKERJA yang memiliki masalah tentang pemenuhan hak tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan tempat buruh dan pekerja bekerja.

Posko ini diprakarsai oleh Pendiri LBH Tegal, M.Yamin SH sebagai wujud kebersamaan LBH Tegal dalam rangka menciptakan perbaikan sistem ketenagakerjaan di wilayah Tegal melalui peningkatan kesejahteraan pekerja sebagaimana telah diatur dalam mekanisme Sistem ketenagakerjaan yang ada pada umumnya, khususnya di saat para buruh dan pekerja merayakan lebaran nanti.

POSKO PENGADUAN THR BAGI BURUH DAN PEKERJA YANG BERADA DI TEGAL siap menerima pengaduan dan akan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk ke LBH dengan semaksimal mungkin melalui prosedur perlindungan hukum ketenagakerjaan yang berlaku. Posko ini beroperasi terhitung mulai tanggal 12 Agustus 2008 dan akan tetap menerima pengaduan hingga setelah lebaran nanti. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kasus –kasus pemberian hak bagi buruh dan pekerja khusunya yang berupa Tunjangan Hari Raya (THR).

Dasar diberlakukannya THR (Tunjangan Hari Raya) adalah KEPMEN (keputusan menteri) nomor 4 tahun 1994 bahwa setiap perusahaan maupun instansi yang mempekerjakan pekerja/buruh atau pegawai wajib memberikan Tunjangan Hari Raya yang besarnya diatur sesuai ketentuan . ketentuan besaran tersebut tidak boleh lebih rendah dari Upah Minimun Kota/Kabupaten dalam (1) satu bulan. Dasar pemberian THR kepada pekerja/buruh dapat diatur pula melalui peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.

Dari dasar hukum itulah pemerintah memiliki peran dan funsinya untuk tetap melakukan pengawasan sejauh mana peraturan yang ada benar-benar dilaksanakan oleh perusahaan. Pemerintah dalam hal ini Dinas ketenagakerjaan harus menjalankan fungsi pengawasan salah satunya berupa pemberian himbauan secara tertulis ke tiap-tiap perusahaan terkait dengan pemenuhan hak pekerja berupa THR.

Bagi Buruh dan pekerja yang merasa memiliki permasalahan seputar THR, Posko kami siap menerima pengaduan saudara di alamat LBH TEGAL : JALAN SAMADIKUN NO .16 DEBONG KULON , TELEPON : (0283) 3384284. Kami siap menerima pengaduan saudara dan kami siap melakukan pendampingan tanpa di pungut biaya apapun (GRATIS)

Tegal, 11 September 2008

Tertanda,

HM. YAMIN SH.

Pendiri LBH Tegal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: