“Beri saya sepuluh pemuda, niscaya saya akan merubah dunia”

Sukarno pernah mengatakan “beri saya sepuluh pemuda, niscaya saya akan merubah dunia”!  Sekarang ini saatnya untuk menunjukkan kapasitas dan dedikasi untuk memperkuat kelompok ideologis dalam tubuh partai –apakah mendirikan partai atau ikut yang sudah ada– tergantung pada pilihan masing-masing dan kemungkinan yang tersedia.  Semakin banyak aktifis yang terjun ke dalam partai politik akan memberi banyak manfaat bagi perkembangan partai dan demokrasi ke depan.

Zaman orde Baru pilihan itu tertutup karena semuanya ditentukan dari atas, tapi sekarang zaman reformasi dan demokrasi menyediakan seribu jalan untuk berperan lebih besar.  Mandatnya datang dari rakyat melalui pemilu demokratis yang memenuhi asas-asas jujur dan adil.

Meski politik sudah berubah, namun sayang kesadaran aktifis masih tetap bersikap seperti zaman orde baru. Sikap yang cenderung menunjukkan sisnisme pada semua bentuk kekuasaan. Mengeluhkan keadaan korupsi, dan mampunya hanya bikin kelompok anti korupsi. Itu baik-baik saja daripada hanya mengigau sendiri.Tapi jangan mandeg di situ doang. Tidak adakah ruang yang jauh lebih besar untuk mengambil peran politik untuk kemajuan rakyat yang layak diperjuangkan? Di LSM  banyak aktifis yang terlibat cukup disegani hingga kini.  “Daripada jadi babu asing” jika mereka masuk ke dalam partai politik akan jauh memiliki pengaruh lebih besar.

Politik patrioitik membutuh tenaga dan pikiran kaum muda untuk bisa menentukan masa depan bangsa, mengingat tantangan yang dihadapi sungguh amat berat, kemiskinan yang belum teratasi. Kesadaran elit masih seputar prosedural, jerat neoliberalisme makin memberatkan kehidupan sehar-hari rakyat. Energi kaum muda juah lebih bermanfaat jika terkonsolidasi ke dalam partai.

Jangan salahkan jika kekosongan itu kini  diisi oleh para pelaku dunia infotainment.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: