Kematian Udin Mencuat Di Kongres XXII PWI

29 Juli 2008 | 16:13 WIB

Banda Aceh ( Berita ) : Upaya pengungkapan kematian wartawan harian Berita Nasional (Bernas), Yogyakarta, Fuad Muhammad Syafruddin atau Udin kembali mencuat dalam Kongres XXII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

“Terhadap kasus Udin, kita minta penanganannya diteruskan agar rasa keadilan terpenuhi,” kata Sucipto dari PWI Jawa Timur dalam rapat komisi kongres di Banda Aceh, Selasa [29/07].

Usulan tersebut menjadi pembahasan komisi C yang membidangi tentang sikap kongres terhadap perkembangan politik bangsa di samping mengenai peran Dewan Pers dan upaya revisi Undang-undang No.40/1999 tentang Pers.

Menurut dia, pengungkapan kasus kematian Udin yang terjadi pada Agustus 1996 itu harus dilakukan agar terpenuhinya rasa keadilan terutama bagi keluarga korban.

Hal senada diungkapkan Ketua PWI Pusat demisioner, Tarman Azzam pada pembukaan kongres yang dibuka oleh Gubernur NAD Irwandi Yusuf pada Senin (28/7).

Ia mengatakan, aparat hukum seharusnya dapat melanjutkan pengusutan kasus tersebut dengan menggunakan fakta lapangan yang ditemukan tim pencari fakta PWI Yogyakarta.

“Kalau memang berkehendak untuk mengusut tuntas, polisi bisa menggunakan fakta yang ditemukan PWI Yogya. Apalagi kasus ini sudah lama sedangkan kasus kematian aktivis HAM Munir saja sudah terungkap,” katanya.

Udin meninggal setelah sempat koma akibat dianiaya orang tak dikenal didekat tempat tinggalnya. Ia mengabdi di Bernas sejak 1980-an.

Selain membahas pengungkapan kematian Udin, berbagai kasus yang melibatkan wartawan juga dibahas dalam forum komisi C. Sementara Komisi A yang membidangi Organisasi dan Komisi B tentang program kerja lebih bersifat internal PWI. Dalam kongres tersebut beberapa nama kandidat calon ketua umum PWI periode 2008-2013 mulai bermunculan seperti Parni Hadi (Dirut LPP RRI), HA Muchyan (ketua PWI Sumatera Utara), Wina Armada (Sekjen PWI Jaya), Kamsul Hasan (Ketua PWI DKI), Sasongko Tedjo (Ketua PWI Jawa Tengah) dan Dhimam Abror Djuraid (Ketua PWI Jawa Timur). ( ant )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: