PDI Perjuangan Kuasai 48 Persen Pilkada Kabupaten Dan Kota

17 Juli 2008 | 15:56 WIB

Jakarta ( Berita ) : Hingga pertengahan Juli 2008, sekira 48 persen pemilihan kepala daerah di seluruh Indonesia dimenangi calon yang diusung PDI Perjuangan, kata Sekjen DPP PDI Perjuangan, Pramono Anung.

“Dari keseluruhan kemenangan tersebut, 40 persen di antaranya merupakan kandidat PDI Perjuangan sendiri. Selebihnya pasangan yang diusung bersama dengan partai lain,” kata Pramono Anung di dalam pesawat dalam perjalanan Solo-Jakarta, Rabu [16/07] malam, seusai mendampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Menurut dia, penggandengan partai politik lain dilakukan jika di daerah tertentu tidak mungkin PDI Perjuangan berjuang sendiri. “Itu terutama terjadi di pemilihan gubernur, misalnya di daerah-daerah yang kita memang harus melakukan koalisi, seperti di Sulawesi Selatan, DKI Jakarta dan Banten. Tetapi yang kita usung tetap menang,” katanya.

Menurut Pramono, PDI Perjuangan menang 14 kali dari 26 kali pemilihan gubernur yang dilakukan secara langsung yang telah digelar di Indonesia. Dari 14 itu, 10 merupakan kader yang diusung sendirian oleh PDI Perjuangan, sisanya pasangan yang diusung bersama partai lain.

Pacu Mental Kader

Sementara itu, Megawati Soekarnoputri sendiri mengatakan, berbagai kemenangan dalam pilkada dalam dua setengah tahun terakhir karena semakin efektifnya mesin politik partai.

“Kita tetap konsolidasi. Dan sejak 2005, mental kader partai dipacu lagi. Kendaraan tidak boleh mogok lagi. Jadi harus pacu mental kader itu. Dan hasilnya terlihat pada Pilkada-pilkada itu,” ungkapnya. Pada 2004 PDI Perjuangan gagal dalam pemilihan presiden.

Menurut Megawati, kemenangan di berbagai pilkada itu sangat menentukan perjalanan politik partainya, terutama menghadapi pemilu legislatif maupun pemilu presiden 2009. “Anda tahu kan, tujuan Parpol itu merebut kekuasaan. Karena itu, seperti mobil, maka mesin politik kami harus selalu siap pakai. Mesin partai harus terus-menerus dimaksimalkan,” katanya.

Kemenangan PDI Perjuangan di empat provinsi strategis dalam dua bulan terakhir, yaitu di Jateng, Bali, NTT, dan Maluku, menurut Megawati Soekarnoputri, juga merupakan momentum yang patut dipertahankan serta dimaksimalkan untuk menuju pertarungan secara nasional memperebutkan posisi Presiden RI. ( ant )

Satu Tanggapan to “PDI Perjuangan Kuasai 48 Persen Pilkada Kabupaten Dan Kota”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: