Hindari Caleg Bermental Korup

BREBES – Partai Politik (Parpol) di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Brebes sekarang ini tengah membuka penjaringan bakal calon anggota legislatif 2009.

Muncul pertanyaan sejauh manakah peran dari lembaga survei, yang ada di masing-masing Parpol. Hal inilah yang dipertanyakan Saefudin Abdurachman, penulis buku “Revitalisasi Peran Anggota Dewan” asal Kecamatan Ketanggungan.

Karena yang dipilih adalah para wakil rakyat, sebelum diputuskan siapa nama-nama yang akan dicalonkan perlu disurvei lebih dulu. Survei atau kajian itu penting artinya karena menyangkut keterwakilan masyarakat di lembaga legislatif. Jangan kemudian yang jadi anggota legislatif itu, mereka orang-orang yang tak berkualitas.

Kalau itu yang terjadi, menurut Saefudin Abdurcahman, masyarakat yang rugi sendiri. Apalagi bila figur legislatif itu bermental buruk atau korup.

“Tiap-tiap Parpol perlu mengkaji serius. Jangan sampai seseorang maju berdasar suka atau tidak suka dari para Ketua DPC atau DPD,” cetusnya.

Tokoh muda ini sekali lagi mengingatkan pentingnya lembaga survei. Lembaga kajian itu harus dihidupkan tak sekadar ornamen belaka.

Bagaimana kiprah atau sumbangsih dari para bakal calon itu di masyarakat. Selain juga perlu mempertimbangkan aspek pendidikan, dan loyalitasnya di partai yang dinaunginya.

“Kami tak menginginkan calon legislatif mendatang itu figur yang tak berkualitas. Ini apa artinya, karena tantangan ke depan itu sangatlah berat. Perlu sumber daya manusia mumpuni, profesional, dan mampu menangani sebuah persoalan yang ada,” kata Saefudin Abdurachman, Rabu (23/7).

Pengalaman para caleg hasil Pemilu 2004, ia menilai banyak dari mereka yang ternyata tidak konsisten dengan janji-janji yang pernah diucapkan.

Sementara pemerhati sosial Atmo Tan Sidik berpendapat, sangat penting mempertimbangkan aspek moral dalam pencalegan. (din)

Satu Tanggapan to “Hindari Caleg Bermental Korup”

  1. M. SAID. S.Ag Says:

    ikut nimbrung donk….
    gue M. SAID. S.Ag, Caleg DPR RI Dapil Gresik Lamongan dari PARTAI MATAHARI BANGSA ( PMB )
    yang pasti sebelum semua proses berlanjut…..kita sama2 introspeksi untuk memperbaiki mental dan pola pikir kita, karena bagaimanapun juga Indonesia butuh pemimpin yang bermental MENGABDI UNTUK RAKYAT, memperjuangkan kepentingan RAKYAT juga KEPENTINGAN PEMERINTAH yang benar2 bekerja menjalankan amanat RAKYAT, bukan kepentingan sekelompok. Kalau kondisinya seperti ini terus kapan Indonesia akan bisa maju dan disegani oleh Bangsa Lain ????
    Rakyat butuh pemimpin yang mau peduli jeritan hati rakyat, bukan pemimpin yang “pinter” tapi minteri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: