Untuk Lindungi Saksi, Identitas Bisa Diganti

25/07/2008 08:47:48 SLEMAN (KR) – Banyaknya kasus kejahatan yang belum terungkap, disinyalir karena tidak adanya regulasi yang jelas mengenai perlindungan saksi dan korban. Selain itu, banyak korban pelanggaran HAM yang merasa trauma dan mengalami stigmatisasi.
Hal tersebut disampaikan anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Abdul Haris Semendawai SH LLM, dalam diskusi ‘Perlindungan Saksi dan Korban, Perbandingan Berbagai Negara, di Sekretariat Beranda Budaya, Perum Batan, Waguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/7).
Abdul Haris menjelaskan, LPSK dibuat berdasarkan UU No 13/2006 mengenai Perlindungan Saksi dan Korban. LPSK mempunyai tugas melindungi saksi kejahatan, baik itu kejahatan berat maupun ringan dan hak-hak saksi.
Selain itu juga dilakukan perlindungan baik dari segi fisik, pengobatan medis dan psikologis. Perlindungan fisik, seperti saksi ditempatkan di tempat yang dia rasa aman, perlindungan identitas, relokasi jika diperlukan dan pergantian identitas.
“Banyak saksi yang diancam oleh pihak-pihak yang merasa dirugikan atas saksi yang diberikan sehingga membuat saksi merasa terancam jiwanya,” imbuh Abdul Haris.
LPSK tidak dapat berjalan sendiri untuk melakukan perlindungan terhadap saksi dan korban. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan kerja sama yang baik antara pihak yang melakukan penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan persidangan.
Anggota LPSK saat ini berjumlah tujuh orang, yang dipilih oleh DPR dan tinggal menunggu waktu untuk dilantik oleh Pesiden. Organisasi tersebut, baru dapat berjalan setelah tiga bulan sejak dilantik. (*-9)-n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: