Tiga Menguak Takdir: Bambang, Thukul, Semsar

Mengenang Tiga Kawan Aktivis 80 an:
Bambang Hari, Wiji Thukul, dan Semsar Siahaan

Diskusi dengan tema “Mengenang Tiga Kawan Aktivis 80 an: Bambang Hari, Wiji Thukul, Semsar Siahaan”, dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap prestasi berkesenian dan dedikasi ketiga kawan tersebut dalam memperjuangkan tegaknya demokrasi di Indonesia. Acara ini bertempat di rumah M. Yamin,  yang sekaligus juga merupakan sekretariat Beranda Budaya ini, dihadiri oleh ratusan mantan aktivis tahun 1980 an dan 1990 an dari berbagai kota di Jawa, dan warga Kampung Pugeran. Diskusi yang laksanakan tanggal 29 Maret 2009 ini, dipandu oleh Bambang Isti Nugroho (pendiri kelompok studi Palagan), dengan pembicara Mulyono, Yayak “Kencrit” Yatmaka, dan M. Febriansyah.

Acara dibuka oleh Juli E. Nugroho yang menjelaskan latar belakang diselenggarakannya diskusi ini. Selanjutnya M. Yamin selaku tuan rumah dalam sambutannya menandaskan bahwa kita tetap perlu mengenang ketiga kawan ini yang dalam kapasitasnya masing-masing telah berkarya dan mendedikasikan hidupnya untuk demokrasi dan sekaligus menjadikannya sebagai spirit bagi kita untuk tetap konsisten melanjutkan apa yang telah menjadi komitmen untuk terus bersama rakyat.

Menurut Mulyono, Semsar Siahaan adalah seorang seniman yang memiliki integritas tinggi terhadap tema-tema kemanusian, kebebasan dan demokrasi. Dalam kebanyakan karya Semsar terdapat satu ciri khas, yaitu selalu menyertakan gambar kawat berduri. Semsar juga banyak memberi dukungan kepada Mulyono, terlebih tatkala pameran instalasi Mulyono yang mengangkat kasus Marsinah dibubarkan aparat. Pada saat itu Semsar sempat mengungkap keprihatinan terhadap situasi represif yang dihadapi oleh Mulyono. “Sekarang kamu yang dilarang Mul, besok mungkin aku, Thukul atau seniman yang lain. Kita harus saling melindungi”, demikian ungkap keprihatinan Semsar waktu itu.  Read more

Satu Tanggapan to “Tiga Menguak Takdir: Bambang, Thukul, Semsar”

  1. sy kirain judul antologi amih hamzah hahaha ketipu gw🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: