70 Persen Data Dukung Meragukan

70 Persen Data Dukung Meragukan PDF Cetak
Kamis, 10 Juli 2008
ADIWERNA – Tujuh puluh persen data dukung dari 2 pasangan calon perseorangan diragukan validitasnya. Temuan ini terjadi di Desa Gumalar, Adiwerna, Kabupaten Tegal. Sebagian data yang diragukan tersebut diduga menggunakan tanda tangan palsu, data pendukung rangkap dan pendukung sama sekali tak mengetahui pasangan yang didukungnya.

“Bahkan ada pengurus partai yang masuk ke berkas tersebut, padahal pengurus itu jelas mendukung pasangan yang diusung partainya,” terang Panitia Pemungutan Suara (PPS) Gumalar, Dimyati, kemarin.

Total jumlah data dukung yang harus diverifikasi PPS sendiri menurutnya mencapai sekitar 360 pendukung. Jumlah tersebut terbagi pada dua pasangan calon perseorangan Suhadi-Mujiburrohman dan Andika-Basir. “Berkas data dukung dari kedua pasangan calon tersebut diragukan kevalidannya, dan kami akan segera cek ulang semua nama yang masuk,” jelasnya.
Meski sudah tergolong besar, menurutnya prosentase data yang diduga tidak valid diperkirakan akan menggelembung setelah verifikasi faktual dilakukan. Selain mengumpulkan pemilik fotokopi KTP yang dikumpulkan tim sukses masing-masing pasangan calon, pihaknya juga berencana mendatangi warga yang tidak datang saat pertemuan.
“Agar verifikasi benar-benar berjalan sesuai ketentuan,” tambahnya.
Menanggapi hal ini, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Adiwerna Samiun melalui salah satu anggotanya Ali Khasani mengatakan, karena proses verifikasi baru dimulai, PPS harus bisa menggunakan ‘asas praduga tak bersalah,” atas temuan tersebut. “Tidak boleh langsung menghakimi validitasnya karena masalah itu harus melalui verifikasi yang benar,” ucapnya.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya menekankan kepada PPS untuk tidak melibatkan tim sukses dalam kegiatan verifikasi.
“Termasuk tim sukses dari kalangan perangkat desa. Tentu saja mereka tidak boleh dilibatkan dan hasilnya tidak boleh dibocorkan ke mereka,” tambahnya. (ima)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: