Banyak Kasus TKW yang Belum Terselesaikan

Banyak Kasus TKW yang Belum Terselesaikan


Friday, 18 April 2008
BREBES – Persoalan Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Kabupaten Brebes mulai disikapi serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Melalui Bagian Pemberdayaan Perempuan Setda, Kamis (17/4) lalu diadakan sosialisasi dan advokasi bagi kepala-kepala desa di kecamatan yang menjadi basis TKW. Diantaranya Kecamatan Losari, Tanjung, Kersana, Banjarharjo, Larangan, Songgom dan Jatibarang.

Kabag Pemberdayaan Perempuan Setda Dra Sumiarsih HS melalui Kasie Peran Serta Perempuan Ir Talab mengatakan hingga saat masih banyak kasus yang belum terselesaikan terkait dengan keberadaan TKW asal Brebes. Hingga saat ini diakui masih banyak kasus-kasu TKW yang belum diselesaikan. Menurutnya, belum terselesaikannya aksus itu karena berbagai macam faktor.

“Faktor utama yang kadang paling sulit akrena dia tidak mellaui PJTKI legal, sehingga kita sulit menelusurinya. Kemudian keluarga juga tidak tahu dan tidak memiliki dokumen pemberangkatan TKW yang bersangkutan,” tandasnya.

Dari data yang dia peroleh, hingga saat ini tercatat lima TKW yang meninggal di luar negeri. Begitu juga mereka yang mengalami sakit karena penyakit yang dideritanya tercatat 2 orang, dianiaya 11 kasus, gaji tak dibayar 8 kasus, kecelakaan kerja 6 kasus, minta pulang 2 kasus, lari dari majikan 1 kasus, asuransi tidak dibayar 1 kasus dan putus komunikasi belum terdata.

“Ini baru data yang kita peroleh. Kita masih mencari data dengan mengirim kuisiener kekepada kades-kades yang mengikuti sosialisasi keamrin, sehingga kita bisa mengatahui berapa banyak TKW dan berapa yang mengalami kasus,” paparnya menjelaskan.

Dia berharap dengan pendataan yang dilakukan pihaknya, Pemkab akan bisa melakukan langkah-langkah perlindungan. Sehingga hak-hak seorang TKW, bisa diperjuangkan dengan maksimal. Baik melalui bantuan Pemkab, LSM maupun LBH.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Agung Widyantoro SH MSi yang membuka acara pun mengungkapkan kebijakan Pemkab dalam upaya perlindungan tenaga kerja perempuan atau wanita. Menurutnya, sebagai salah satu daerah yang mengirimkan TKI ke luar negeri yang cukup besar, sudah seharusnya Pemkab memberikan perhatian lebih. “Karenanya dengan kegiatan sosialisasi dan advokasi tersebut diharapkan persoalan-persoalan TKW bisa diminimalisasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disdukcapilnakertrans) Drs Tarsun MM pun mengungkapkan perlunya sebuah Raperda tentang perlindungan dan penempatan tenaga kerja. Tanpa Raperda itu nasib-nasib TKI, khususnya TKW akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelrindungan hukum. Begitu juga dengan sikap Pemkab, yang mau tak mau harus ikut bertanggung jawab dalam mengatasi masalah-masalah yang muncul.

Selain Pemkab, sebagai pemateri dalam sosialisasi itu adalah Pelayanan Perempuan dan Anak Polres Brebes oleh Aipda Pujiharti, yang membicarakan proses pelaporan hingga penyelesaian kasus-kasus yang menimpa kaum perempuan tersebut. (riz)

Satu Tanggapan to “Banyak Kasus TKW yang Belum Terselesaikan”

  1. karno roso Says:

    kami menerima tulisan apapun tentang Brebes untuk dipublikiasikan di TABLOID SUAKA.terimakasih KARNO ROSO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: