Warga ancam cabut patok tol Solo-Ngawi

BERITA SRAGEN

10-Desember-2007 22:13
Warga ancam cabut patok tol Solo-Ngawi,

Sragen (Espos)–Warga Desa Jati, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang lahannya bakal terkena pembangunan jalan tol Solo-Ngawi, menyatakan siap pasang badan untuk menolak megaproyek tahun 2008 tersebut.Koordinator Forum Komunikasi Masyarakat Desa Jati, Nanang Yulianto, saat ditemui wartawan, Senin (10/12), mengatakan pekan ini warga juga akan mencabut patok-patok tanda jalur jalan tol yang merupakan proyek pemerintah pusat tersebut.”Seluruh warga Jati yang lahan dan rumahnya akan terkena proyek menyatakan menolak pembangunan tol. Dalam waktu dekat, patok-patok jalur tol akan dicabut sebagai wujud sikap kami,” tegas Nanang.

Dia menjelaskan warga Jati yang lahan atau rumahnya bakal terkena proyek tol berjumlah 63 orang. Dari jumlah itu, ada sekitar 43 warga yang rumahnya akan diterjang jalur tol. Di sisi lain, pemasangan patok sebagai tanda jalur tol telah dilakukan Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Sragen, dua pekan lalu.

Warga pun mempersoalkan perubahan patok jalur tol di Desa Jati. “Pemasangan patok sebenarnya dilakukan jauh hari, tapi belakangan ada pemindahan patok, menyusul perubahan jalur tol,” imbuh Nanang, seraya menerangkan penolakan warga dipicu kekhawatiran dampak negatif proyek tol.

Menurut Nanang, pembangunan tol akan membuat harga tanah di sekitar tol anjlok. Sebab, pembangunan tol diyakini akan membuat persoalan banjir yang selama ini kerap terjadi di daerah itu jadi semakin parah.

Untuk memperjuangkan aspirasi warga Desa Jati, Forum Komunikasi Masyarakat Jati menggandeng Yaphi Solo, Formas Sragen, LBH Sragen serta beberapa anggota DPRD Bumi Sukowati yang peduli terhadap rakyat.

Oleh: Kurniawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: