LBH Siap Gugat Pemkot

LBH Siap Gugat Pemkot

Sunday, 24 February 2008

LEMBAGA Bantuan Hukum (LBH) wilayah Kota dan Kabupaten Tegal siap menggugat Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal jika tak mengakomodir layanan kesehatan warga miskin.

“Pelayanan kesehatan adalah hak setiap warga negara. Tidak kaya tidak miskin. Itu diatur Undang-Undang Dasar 1945,” tegas Ketua Komisi IX DPR RI dr Ribka Tjiptaning Proletariyati yang hadir di depan warga Jalan Samadikun, Debong Lor, Kota Tegal, kemarin. Acara tersebut dihadiri Direktur LBH Tegal Heru Wijayanto SH, praktisi hukum Mohamad Yamin SH, dan dimoderatori H Ikmal Jaya SE. Jika hak masyarakat miskin untuk mendapat layanan kesehatan tidak dipenuhi, lanjut Mbak Ning—sapaan akrab Ribka Tjiptaning, LBH bisa melakukan upaya hukum, yakni menggugat class action Pemkot. “Surat Keputusan (SK) Walikota Tegal Nomor 440/135/2007 tertanggal 23 Agustus 2007 harus dicabut.

Warga miskin tidak boleh ditelantarkan,” imbuhnya. Terkait program Asuransi Kesehatan untuk Masyarakat Miskin (Askeskin), Komisi IX DPR RI telah membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk mengevaluasi dan menyusun rekomendasi bagi pemerintah terkait penerapan mekanisme baru dalam penyelenggaraan program Askeskin. “Komisi IX menyadari banyak kelemahan dalam pelaksanaan Askeskin 2007,” katanya. Saat melakukan rapat kerja antara Komisi IX DPR RI dengan Departemen Kesehatan, Ribka menjelaskan Panja Askeskin akan mengevaluasi dan mengkaji mekanisme pelaksanaan program Askeskin dan memberikan masukan kepada komisi dalam menentukan sikap terkait rencana pemerintah menerapkan pola penyelenggaraan Askeskin yang baru. Ia menjelaskan pula bahwa secara hukum pemerintah memang punya kewenangan untuk menetapkan dan mengubah mekanisme penyelenggaraan Askeskin karena program itu dibiayai dengan dana bantuan sosial.”Askeskin pakai dana bantuan sosial, pengelolaannya bisa swakelola atau dengan menunjuk pihak ketiga sebagai pengelola. Jadi eksekusi mekanisme program ini memang ada ditangan pemerintah,” katanya. (gus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: